Tips Pemasaran Instagram Yang Ampuh Untuk Bisnis Anda
Instagram adalah sebuah aplikasi media sosial yang menjadi tempat tujuan bagi ratusan juta penggunanya untuk berbagi foto, video, dan cerita mereka setiap hari. Tidak heran jika aplikasi ini memang sangat populer saat ini karena begitu besar pengaruh Instagram dalam kehidupan kita sehari-hari. Tahukah Anda, bahwa banyak yang masih belum tahu bahwa nama Instagram diambil dari dua kata, yaitu “Insta” dan “Gram” yang memiliki arti serba cepat dan mudah, yang maknanya dikaitkan sebagai media pengirim informasi yang sangat cepat. Dari dua kata tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa fungsi Instagram yaitu sebagai media untuk berbagi dan mengirimkannya dalam waktu yang sangat cepat. Hal itu sangat dimungkinkan karena saat ini teknologi kian canggih dan menjadi basis aktivitas dari media sosial ini.
Instagram memang sangat baik untuk digunakan dalam berbisnis. Perkembangan teknologi memang memudahkan banyak pengguna dalam mempromosikan bisnis yang berjalan. Instagram memberikan kebebasan untuk melakukan posting foto dan video sesuai dengan kebutuhan dari bisnisnya masing-masing. Hampir setiap orang saat ini memiliki akun Instagram untuk cara mencari follower agar produk yang dijualnya lebih dikenal. Bisnis yang menggunakan Instagram tentu harus lebih cerdik untuk dapat meningkatkan profit.
Keistimewaan Instagram kian bertambah karena media sosial ini menjadi platform yang sukses memasarkan banyak produk dan membentuk merk-merk baru. Hal ini tercium dari adanya 8 juta akun bisnis yang terdaftar di Instagram dengan berbagai macam bisnis. Tahukah Anda, ada lebih dari 80 juta foto diunggah ke Instagram setiap harinya oleh basis pengguna aktif dalam jumlah yang besar? Itu adalah peluang sekaligus tips instagram untuk bisnis yang menarik perhatian pengguna instagram terhadap sebuah bisnis. Untuk itu, seiring dengan pengaruh Instagram pada sebuah bisnis, banyak yang masih belum mengetahui bagaimana tips instagram untuk bisnis, agar produk atau jasa yang dijual lebih dikenal karena pengaruh dari media sosial Instagram ini. Berikut kami bahas tips dan strategi marketing Instagram untuk bisnis Anda.
Tips Marketing Di Instagram Untuk Bisnis Anda
Pada bulan Mei 2016, Instagram resmi mengumumkan bahwa mereka akan merilis fitur Instagram For Business yang ditujukkan untuk para wirausaha agar bisa membuat sebuah profil Instagram bisnis secara gratis. Dengan profil Instagram bisnis, maka Anda sebagai pemilik usaha dapat memilih bagaimana mereka menghubungi pelanggan mereka, baik melalui telepon, SMS, ataupun email dengan tombol kontak dan mendapat petunjuk arah. Profil bisnis juga memungkinkan Anda untuk melihat Insights dan kemampuan untuk mempromosikan suatu produk yang Anda jual.
Sebelum memulai membuat akun instagram bisnis, perlu Anda ketahui tentang Insight. Insight ini adalah fitur dari Instagram yang berfungsi untuk memberikan informasi penting tentang followers Anda dan postingan mana saja yang memiliki jangkauan audiens yang paling tinggi. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui lebih dalam mengenai perilaku audiens Anda.
Promote merupakan fitur dari Instagram yang menjadikan postingan Anda sebagai ads atau iklan di Instagram. Promote ini tentunya akn membantu Anda dalam berhubungan dengan pebisnis lainnya, tidak lain dapat mendatangkan kerja sama bisnis. Anda bisa memilih target audiens dan mengizinkan Instagram untuk menyarankan target audiens untuk Anda, setelah itu Instagram akan mempromosikan sebagai iklan sesuai periode yang Anda pilih.
Panduan Instagram Marketing
Setelah Anda mengubah akun Anda menjadi akun bisnis, Anda tinggal memasukkan informasi penting seperti waktu bisnis, alamat bisnis, dan nomor telepon bisnis Anda.
Setelah membuat akun Instagram Business, maka Anda bisa langsung buat username dan bio usaha sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Buat username nama usaha Anda, dan informasi lain seperti website. Gunakan bio untuk menjelaskan secara singkat apa bisnis Anda, website, alamat, nomor telepon atau WhatsApp, selain itu Anda juga bisa memasukkan brand produk Anda.
Salah satu yang paling berpengaruh besar dalam usaha adalah logo atau gambar usaha. Nah, jika Anda ingin memperluas pengenalan usaha Anda. Untuk sebagian besar merek, foto profil Instagram Anda harus menggunakan logo perusahaan atau bisnis Anda. Ini membantu memberikan kredibilitas dan memungkinkan pengunjung untuk melihat profil usaha Anda.
Langkah Untuk Memaksimalkan Akun Bisnis Instagram Anda
Foto profil Instagram Anda dapat ditampilkan pada ukuran yang besar, Hal ini untuk memastikan gambar tersebut masih terlihat baik jika Instagram mengubah cara foto profil ditampilkan. Jika logo Anda berbentuk persegi, Anda harus memperkecil untuk memastikan semuanya terlihat di dalam lingkaran.
Anda juga bisa menambahkan caption khusus pada logo usaha Anda, seperti nama dan slogan yang unik dibawah logo. Hal ini bisa berpengaruh besar pada ketertarikan audiens untuk mengenal brand usaha Anda.
Hal pertama untuk menetapkan strategi marketing adalah mengetahui siapa yang dapat Anda jangkau menggunakan Instagram. Anda perlu mendefinisikan pasar target Anda sehingga Anda dapat membuat konten yang berbicara langsung kepada audiens itu sendiri. Ini juga akan menjadi patokan ketika Anda memilih opsi penargetan untuk iklan Instagram Anda.
Mengapa Instagram Harus Dimanfaatkan Untuk Bisnis Anda?
Untuk memulai, Anda sebaiknya mem-follow akun Instagram lainnya terlebih dahulu. Anda bisa mengikuti bisnis lain yang berkaitan dengan bisnis Anda atau cari influencers di industri Anda. Anda juga bisa memfollow akun-akun lain yang relevan dengan bisnis Anda.
Banyak akun bisnis yang mulai tergiur untuk menggunakan follower palsu untuk meningkatkan kualitas akun instagram bisnisnya. Namun, sebaiknya Anda tidak menggunakan follower robot ini karena hanya akan merusak citra usaha Anda. Mulai secara perlahan seiring dengan berjalannya usaha, maka audiens dengan sendirinya mengetahui produk Anda dan memfollow akun instagram bisnis Anda.
Copywriting adalah bahasa iklan yang menarik. Tujuan dibuat copywriting agar audiens tertarik pada produk yang Anda tawarkan pada feed Instagram maupun halaman website Anda. Di dunia bisnis, copywriting bukan hal yang asing lagi. Yap, ini merupakan salah satu teknik yang wajib digunakan dalam strategi bisnis. Membuat copywriting sangat penting apalagi untuk usaha yang masih baru. Gunakan bahasa-bahasa yang unik dan kekinian untuk menarik pelanggan.
Cara Promosi Di Instagram Gratis & Berbayar, Followers Makin Banyak!
Hashtag atau tagar adalah cara utama untuk meningkatkan visibilitas dan kemampuan audiens menemukan akun bisnis Anda. Penggunaan hashtag yang tepat sangat berpengaruh untuk menunjang peningkatan dari follower dan profit penjualan. Hastag ialah metode terbaik untuk menemukan suatu hal yang diperlukan. Dengan menggunakan hashtag maka akan menjadi lebih cepat menemukan suatu postingan. Sama halnya dengan usaha Anda, jika ingin cepat ditemukan maka gunakanlah hashtag yang sesuai pada kebutuhan bisnis.
Cara optimasi instagram dengan hashtag masih belum banyak yang mengenai sasarannya. Hal ini dikarenakan hashtag yang digunakan tidak sesuai dan terkesan melebih-lebihkan. Anda dapat menggunakan hingga 10 tagar dalam satu post Instagram dengan tagar yang saat ini sedang trending, namun kalau bisa menyesuaikan hastag nya dengan usaha Anda. Hindari menggunakan banyak tagar bahkan hingga 30 tagar, ini hanya akan membuat post Anda tidak akan dilihat audiens.
Sebagai pemilik usaha online, optimasi Instagram dengan melakukan posting secara rutin harus tetap dilakukan. Hal inilah yang menjadi tolak ukur kepercayaan pelanggan untuk memilih produk Anda. Cara jualan produk di instagram yang memiliki banyak postingan foto dianggap aktif dan dapat dipercaya. Semua yang berkaitan dengan usaha penjualan tentu memiliki banyak produk yang harus ditawarkan. Jika setiap harinya melakukan update maka dapat dipastikan sangat memusingkan.
Strategi Pemasaran Bisnis Online Untuk Dongkrak Penjualan
Salah satu hal yang harus Anda lakukan berkaitan dengan posting konten adalah memiliki waktu posting yang rutin tanpa mengganggu follower Anda dengan update yang berlebihan .Cara yang bisa Anda lakukan adalah membuat jadwal rutin untuk post. Nah, untuk memudahkan post yang terjadwal, sekarang ini ada lho tools instagram untuk membuat jadwal post sesuai keinginan Anda.
Tool ini mengirimkan pengingat (notification) pada smartphone Anda saat waktu yang telah dijadwalkan, yang dapat Anda buka dan kemudian posting melalui Instagram, jadi tidak bisa langsung dari tool tersebut untuk posting Instagram Anda.
Jika Anda ingin bisnis Anda terlibat di media sosial Instagram, maka Anda juga harus terlibat. Tidak hanya dengan memposting konten yang menarik. Hal yang harus Anda perhatikn juga adalah berinteraksi dengan profil lain.
Tips Ampuh Optimasi Bisnis Online Dengan Instagram Story
Anda bisa tanggapi komentar yang diposkan pengguna di postingan Anda, ikuti mereka, dan sukai. Jadikan diri Anda terlihat dengan cara yang tidak mempromosikan. Jika seseorang memberi tag Anda pada sebuah posting, periksa dan cari peluang untuk terlibat. Anda bisa membagikan kembali pos mereka di status Anda atau di story Anda.
Agar akun instagram bisnis Anda selalu aktif, dan disimak oleh pengikut instagram Anda. Maka sebaiknya Anda membuat story ig yang rutin. Contoh instagram story misalnya informasi yang bermanfaat tentang suatu produk Anda. Jika Anda berbisnis makanan Anda bisa membuat informasi mengenai gizi dan manfaat bahan makanan tersebut. Membuat story testimony pelanggan, atau jika Anda ingin agar followers akun Anda bertambah maka bisa membuat kuis bagi audiens yang kemudian postingan audiens bisa Anda repost ulang di story instagram. Hal ini tentu akan membuat usaha Anda semakin banyak dikenal oleh para pengguna instagram.
Bekerja sama dengan influencer dapat membantu membangun kredibilitas usaha Anda sembari memaparkan merek Anda kepada audiens baru. Sebuah survei oleh CivicScience menemukan bahwa 19% konsumen Amerika telah melakukan pembelian karena rekomendasi pemberi pengaruh dari influencer. Nah, yang dimaksud influencer ini seperti selebgram ya, jika Anda ingin bekerja sama dengan selebgram terkenal bisa juga nih, karena jangkauan pengikut selebgram kan banyak, maka bisa membuat promosi usaha Anda lebih luas lagi.
Cara Ampuh Meningkatkan Penjualan Online Shop Di Instagram
Cara paling pasti untuk mendapatkan konten Anda di depan audiens baru adalah dengan menjalankan iklan Instagram. Dua juta bisnis sudah menggunakan iklan di Instagram, maka selanjutnya Anda juga harus melakukannya pada akun instagram bisnis Anda.
Bagi Anda yang mungkin tidak sempat atau butuh bantuan untuk optimasi akun instagram bisnis Anda. Tenang saja, karena kami dapat membantu Anda untuk membuat akun intagram Anda serta optimasi akun instagram bagi bisnis Anda dengan cepat. Sehingga Anda bisa fokus menjalankan bisnis Anda, dan kami akan membantu Anda untuk menjalankan pemasarannya.
Kami ____ merupakan agency yang selalu memberikan insight bagi klien kami untuk membantu mengembangkan bisnis Anda melalui sosial media khususnya Facebook Dan Instagram. Kami selalu berorientasi pada hasil dengan strategi yang sudah kami
Komentar
Posting Komentar